SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SEKOLAH


Sepanjang masa yang lau, SD Gentungan III masih dalam satu lokasi, dimana sekolah dalam satu lokasi tersebut ialah SD Sigerung I, SD Gentungan II, dan SD Gentungan III.Karena penuhnya murid dan sering ributnya murid antar SD yang berdekatan tersebut, sehingga SD Gentungan III memisahkan diri untuk berpindah lokasi.  Dilihat dari jumlah penduduk dan jarak tempuh siswa ke sekolah maka pihak sekolahan menunjuk suatu tempat dimana baiknya Sekolah SD Gentungan III itu didirikan.
Atas permintaan warga masyarakat dan persetujuan pihak sekolah, maka segeralah meminta izin atau mengajukan proposal ke Dinas. Dengan adanya tanah kas Desa Pilangrejo, maka SD Gentungan III didirikan di Dusun Dungsuru, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.
Atas usaha dan kerjasama yang baik antara perjuangan beberapa guru, komite, dan masyarakat, maka berdirilah bangunan tempat belajar tersebut pada tahun 1983 dengan Nomor Statistik Sekolah 101040306006.
Dusun Dungsuru merupakan daerah tertinggal , dimana daerah tersebut terdiri pegunungan kapur pada daerah tadah hujan, pada saat ini
pun juga masih tergantung pada air hujan, jadi bila musim kemarau selalu membeli air bersih untuk sarana dan prasarana di sekolah agar kelangsungan proses belajar dan belajar juga tidak terhambat.
Pada tahun 2009 bangunan SD Gentungan III telah direnovasi dengan sebaik mungkin yang dilaksanakan secara swakelola oleh Panitia Kegiatan dengan melibatkan masyarakat sekitar.
Untuk mewujudkan transparansi kepada masyarakat Panitia Kegiatan mengadakan sosialisasi terlebih dahulu tentang kegiatan pembangunan / rehabilitasi ruang kelas / gedung sekolah dan pengadaan meubelair dalam rapat wali murid. Disamping itu panitia kegiatan membuat papan informasi yang berisi tentang jenis kegiatan yang sedang dilakukan, besar dana yang diperlukan, sumber dana, nama pemberi dana subsidi, dan jumlah dana yang dianggarkan. Dalam rehabilitasi bangunan tersebut dengan total anggaran Rp. 190.400.000,00.
Pada tahun 2010 / 2011 mengikuti akreditasi dalam mempertahankan “Akreditasi B”, mengalami peningkatan pula berubahan status “Terakreditasi A (Unggul)”. Disisi lain SD Gentungan III merupakan Sekolah Inti dengan nama Gugus Gentungan III.