STRUKTUR ORGANISASI


Adanya struktur dalam suatu organisasi atau lembaga sangat di perlukan dan diharapkan.
Dengan adanya struktur organisasi, akan mempermudah mengatur jalannya suatu roda organisasi sehingga program yang di harapkan dapat terealisai dan terkoordinir secara baik dan rapi agar lembaga tersebut dapat mencapai tujuan yang di cita-citakan. Adapun penjabaran struktur organisasi di SD Gentungan III Nglipar Gunungkidul adalah sebagai berikut:
1.      UPT TK / SD adalah lembaga dinas pendidikan yang sama-sama membawahi guru dilingkungan Sekolah Dasar, sehingga Guru bertanggung jawab secara langsung terhadap lembaga tersebut.
2.      Komite sekolah adalah rekan kerja Guru dalam penyelenggaraan pendidikan.
3.   Dalam penyelenggaraan pendidikan, Guru juga dibantu oleh dewan Guru yang mempunyai tugas yaitu menyampaikan program pendidikan kepada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.
4.    Guru mempunyai tanggung jawab penuh terhadap siswa atau peserta didik yang diamanatkan oleh Guru.
5.   Siswa adalah penghubung antara sekolah dengan wali murid demi tercapainya keberhasilan pendidik.
            Untuk lebih jelasnya mengenai struktur organisasi di SD Gentungan III Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul, dapat dilihat dalam skema di bawah ini:

KA.UPT TK/SD KECAMATAN NGLIPAR

LURAH PILANGREJO

KEPALA SEKOLAH

KOMITE SEKOLAH
Guru
Kelas II

Guru
Kelas VI

Guru
PAI

Guru
Kelas I

Guru
Kelas III

Guru
Kelas IV

Guru
Kelas V

PENJAGA SD

Guru
MULOK

Guru
PENJAS

SISWA




Adapun tugas-tugas yang ada di SD Gentungan III Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul yaitu :
1.     Tugas Kepala Sekolah
a.      Memimpin dan bertanggung jawab atas sekolah.
b.      Mengelola keuangan sekolah.
c.      Membuat laporan dan sebagainya
2.     Tugas wakil Kepala sekolah
Wakil Kepala Sekolah bertugas membantu menggantikan kepala Sekolah atas tugasnya yang diberikan oleh kepala Sekolah apabila berhalangan.
3.     Tugas pokok Tata Usaha
a.      Penyusunan program tata usaha sekolah pengelolaan keuangan sekolah.
b.      Pengurusan administrasi pegawai, guru dan siswa.
c.      Pembinaan dan pengembangan karier TU.
d.     Penyusunan dan penyajian data atau statistik sekolah.
e.      Penyusunan adminstrasi perlengkapan sekolah.
f.       Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan, penyusunan ketatausahaan secara terbuka.
4.     Tugas pokok urusan perpustakaan
a.      Perencanaan dan pengadaan buku perpustakaan.
b.      Pengurusan pelayanan perpustakaan.
c.      Perencanaan pengembangan perpustakaan.
d.     Pemeliharaan dan perbaikan buku perpustakaan
e.      Inventarisasi dan pengadministrasian buku atau bahan perpustakan.
f.       Penyimpanan buku perpustakaan.
g.      Menyusun laporan kegiatan.
5.     Tugas pokok urusan sarana dan prasarana
a.      Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana.
b.      Mengkoordinasi pendayagunaan sarana dan prasarana.
c.      Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran.
d.     Menyusun laporan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana secara berkala.
6.     Tugas pokok Humas
a.Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dan orang tua wali murid.
a.       Membina pengembangan hubungan antara sekolah dan embaga pemerintah.
b.      Menyusun laporan pelaksanaan hubungan masyarakat dengan sekolah secara berkala.
7.     Tugas pokok urisan kesiswaan
a.      Menyusun program pembinaan kesiswaan.
b.      Melaksanakan bimbingan pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa dalam rangka menegakkan kedisiplinan dan tata tertib sekolah.
c.      Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala.
d.     Membina dan melaksanakan keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindangan, keindahan serta kekeluargaan.
e.      Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima bea siswa.
f.       Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan luar sekolah.
g.      Mengatur mutasi siswa.
h.      Menyusun laporan pelaksannan kegiatan kesiswaan secara berkala.
8.     Tugas pokok urusan kurikulum
a.      Penyusunnan program pembelajaran.
b.      Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.
c.      Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir.
d.     Menetapkan kriteria persyaratan naik tidaknya siswa dan kelulusan.
e.      Mengatur jadwal penerimaan buku laporan pendidikan dan penerimaan siswa baru.
f.       Mengkoordinasi dan mengarahkan penyusunan laporan persiapan mengajar.
g.      Menyusun laporan pelaksanaan.
9.     Tugas pokok wali kelas
a.      Pengelolaan kelas.
b.      Penyelenggaraan administrasi kelas antaralain:
1). Denah tempat duduk.
2). Papan absensi kelas.
3). Daftar pelajaran siswa.
4). Daftar piket kelas.
5). Buku absensi kelas.
6). Daftar buku-buku kegiatan belajar mengajar.
7). Tata tertib kelas:
a)      Penyusunan atau pembuatan statistik bulanan kelas.
b)      Pengisian daftar nilai kelas.
c)      Pembuatan catatan khusus tentang siswa.
d)     Pencatatan mutasi kelas.
e)      Pengisisan buku laporan pendidikan (raport).
f)       Pembagian buku laporan pendidikan (raport).
10. Tugas dan tanggung jawab Guru
a.       Membuat program pengajaran atau rencana kegiatan.
b.      Membuat program semesteraan dan program tahunan.
c.       Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran.
d.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
e.       Melaksanakan kegiatan penelitian belajar semester atau tahunan.
f.       Melaksanakan kegiatan bimbingan dan kegiatan proses belajar mengajar.
g.      Mengisi daftar nilai siswa.
h.      Melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar.
i.        Menyusun dan melaksanakan program erbaikan dan pengayaan.
j.        Membuat alat pelajaran atau program.
k.      Membuat alat pelajaran atau alat peraga.
l.        Menciptakan karya seni.
m.    Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.
n.      Melaksanakan program tertentu.
o. Mengadakan pengembangan disetiap bidang pengajaran yang terjadi tanggung jawabnya.
p.      Membuat lembar kerja siswa.
q.      Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing-masing siswa.
r.        Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran.
s.       Mengatur kebersihan ruang kelas dan ruang praktikum sekolah.